Cara Cek Laptop Second

Kembali lagi dengan mediatkj.com kali ini saya akan berbagi mengenai hal penting yang perlu diperhatikan saat membeli laptop/notebook second. Mungkin sebagian teman-teman disini akan membeli laptop second tapi ragu bagaimana cara mengetahui laptop second itu masih bagus atau tidak ya tentunya ada beberapa hal yang harus di lihat dari kondisi laptop nya, terutama masalah ketahan battery nya.


Apa mungkin ada caranya untuk mengetahui laptop second itu masih layak pakai atau tidak? tenang, disini teman-teman semua akan mendapatkan solusinya. Hal pertama yang perlu kita ketahuai dari laptop second adalah apakah battery nya pastikan masih optimal, agar sesuai dengan tujuan awal yaitu membeli Mobile Computer (Laptop) bukan membeli Personal Computer (PC) iya kan? karena jika memiliki laptop tapi harus selalu di isi daya listrik mulu itu agak ribet juga kemana-mana harus bawa Charger-an laptop syukur-syukur selalu nemu terminal colokan nya, lebih ribet lagi kalau harus sambil bawa terminal colokan, makin ribet aja tuh Laptop-nya jadi rasa PC.

Oke lanjut ya teman-teman, disini saya akan memperkenal kan aplikasi yang bisa mengetahui ketahanan battery laptop, yaitu dengan menginstall aplikasi yang bernama HW Monitor. Aplikasi ini mampu memonitor sistem komputer yang kita miliki mulai dari CPU, Battery, Suhu dan lainnya.


Download Aplikasi HW Monitor Free 

Selanjutnya jika teman-teman sudah meng-install aplikasi HWMonitor mediatkj.com akan membagikan sedikit pemahaman saat membuka aplikasi tersebut. Saat teman-teman membuka aplikasi HWMonitor teman-teman bisa men-scroll ke paling bawah, itu merupakan informasi mengenai battery laptop disana tertera dua informasi, yaitu
  • Wear Level
  • Charge Level 


Bisa teman-teman lihat disana terdapat informasi bahwa wear level-nya adalah 9% yang artinya bahwa kapasitas battery nya sudah terpakai sebesar 9%, maksud terpakai disini adalah siklus battery nya, teman-teman bisa melihat kapasistas battery laptop tersebut awal nya di desain sebesar 41610mWh. Namun seiringnya waktu karena laptop tersebut digunakan terus dan yang namanya battery itu ada life cycle nya jadi akan berkurang dari kapasitas awal. Nah disana terlihat bahwa kapasitas battery yang sekarang hanya akan terisi penuh 37960mWh dari yang asalnya 41610mWh. Kasus diatas artinya battery laptop tersebut sudah kehilangan sekitar 8% ketahanan battery nya. Nah jika wear level itu masih bernilai 1-15% an saya rasa battery nya masih layak dan masih bisa bertahan lama sekitar 2-3 Jam. Namun jika teman-teman menemukan wear level tersebut di atas 15% bahwakn sampai 50% artinya battery laptop tersebut sudah tidak mampu bertahan lama, paling cuma 1 Jam bahkan sampai ada yang hanya bertahan 12 menitan.

Nah mungkin cukup sekian informasi mengenai Cara Cek Laptop Second ini, semoga siapa saja yang membaca artikel ini memberikan manfaat bagi pembaca. Khususnya bagi anda yang akan membeli laptop second. Terima Kasih.

0 Comments:

Post a Comment