Konfigurasi IP Address (TCP/IP) Pada Debian 5


Hallo selamat datang kembali. Sedikit curhat baru ada kesempatan lagi untuk posting artikel lagi setelah bersibuk di dunia nyata. Oke pada kesempatan kali ini mediatkj.com akan memberikan tutorial mengenai cara konfigurasi IP Address di debian 5.

Baca juga Tutorial Install Linux Debian 5

Karena pada artikel sebelumnya mediatkj.com sudah pernah memberikan tutorial install linux debian, nah setelah itu baru kita bisa meng-konfigurasi IP Address secara static. Biasanya konfigurasi IP Address static ini di konfigurasi nya di server, agar client nanti bisa meng-akses alamat IP Address server nya secara mudah.

Konfigurasi ini mungkin sedikit bermanfaat bagi siswa/i SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, karena konfigurasi ini merupakan salah satu materi salah satu mata pelajaran jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Semoga saja artikel ini dapat membantu siswa/i yang kebetulan membutuhkan konfigurasi IP Address di debian 5.

Kebutuhan

  • Pastikan sudah terinstall linux debian 5
  • Memahami pengalamatan IP
  • Memahami klasifikasi IP
  • Siap menerima pusing kepala (Bagi pemula)
  • Secangkir kopi untuk menemani agar tidak setress

Apabila sudah menyiapkan kebutuhan diatas, maka selanjutnya anda sudah bisa meneruskan untuk melakukan konfigurasi IP Address di debian 5 ini. Perlu anda ketahui sebelumnya, bahwa melakukan konfigurasi IP Address itu sebenarnya bisa pada saat menginstall linux debian 5 nya, bisa juga kita lakukan konfigurasi setelah penginstallan linux selesai.

Untuk memulai, pastikan debian anda sudah login dengan menggunakan akses root (super user) dikarenakan untuk mengkonfigurasi suatu services yang dibutuhkan adalah hak akses root (super user)

Namun alangkah baik nya kita melakukan konfigurasi IP Address itu setelah penginstallan linux, dikarenakan agar kita lebih memahami kinerja dan alur pengalamatan IP Address.

Download Modul

Silahkan klik disini untuk mendownload modul Konfigurasi IP Address di linux debian 5

Nah mungkin seperti itu untuk tata cara konfigurasi IP Address pada debian 5, semoga siapa saja yang membanca bisa bermanfaat, dan menjadi modal untuk melakukan suatu pekerjaan anda.
Terima kasih.

0 Comments:

Post a Comment